5 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar Di Indonesia

5 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar Di Indonesia

seperti yang kita ketahui bahwa minyak bumi adalah hasil alam yang melimpah di Indonesia, hal ini membuat Indonesia  menyandang predikat sebagai salah satu penghasil terbesar. Perkiraan jumlah keseluruhan minyak bumi yang telah diambil dari Indonesia sekitar 915.798 barel dalam satu hari

Minyak Bumi di Indonesia ditemukan pertama kali tahun 1883 oleh A. G. Zeijlker. Tempatnya berada di Telaga Tiga dan Telaga Said, Pangkalan Brandan, Provinsi Sumatera Utara. Dari penemuan ini menjadi awal berdirinya Shell perusahaan minyak asing yang berasal dari Netherland. 

Selain itu penemuan juga semakin melebar ke daerah-daerah lainnya. Pada kesempatan ini akan kami akan menjelaskan mengenai daerah-daerah dengan kandungan minyak bumi terbesar di Indonesia.

5 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar Di Indonesia
Diagram showing fractional distillation illustration

Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia

1. Provinsi Riau

Riau merupakan provinsi terbesar penghasil minyak bumi di Indonesia. Jumlah minyak mentah yang dihasilkan di daerah ini diperkirakan sekitar 365.8277 barrel/hari. Jumlah ini menyumbang sepertiga dari seluruh produksi minyak bumi harian di Indonesia.

Keistimewaan minyak mentah dari Provinsi Riau adalah viskositas yang dimiliki sangat bagus untuk ukuran hidrokarbon. Oleh karena itu minyak mentah ini tergolong paling baik di Indonesia. Selain itu Minyak dan gas adalah dua hal yang saling berkaitan, karena sebagian besar daerah yang memiliki sumber minyak bumi di sini memiliki cadangan gas. Begitu pula yang terjadi di Riau.

Ada 6 blok daerah operasi yang digunakan perusahaan, antara lain Mointain Front, Siak Blok, Coastal, Rokan, Selat Panjang, dan Pekanbaru. Rokan menjadi blok yang paling besar karena terdapat gient field. Contoh perusahaan minyak yang menjalankan penambangan di Riau adalah Pertamina, Siak Pusako, Chevron, dan Petroselat.

2. Provinsi Kalimantan Timur

Kalimantan Timur  memiliki hasil minyak bumi melimpah meskipun tidak sebanyak di Riau. Buktinya ada kota di provinsi tersebut yang menjadi kota minyak, yaitu Balikpapan.

Pengeboran minyak dilakukan pada beberapa lokasi seperti Mamburungan, blok Mahakam, Sanga-Sanga dan juga Kutai.  Selain itu beberapa perusahaan yang turut mengelola minyak bumi di sini adalah Total, Medco, Vico, dan Chevron.

Perusahaan ini mampu menghasilkan minyak hingga 134.626 barrel per hari yang mengandung minyak mentah 60.331 barrel, dan sisanya sebanyak 74.925 barrel merupakan kondensat. Selain menjadi salah satu surganya minyak, Kalimantan Timur juga banyak mengandung gas alam. Bahkan, di sana ada pengolahan gas alam sekaligus kilang minyak.

3. Laut Jawa

5 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar Di Indonesia

Di laut Jawa yang membentang dari kota Sumatera hingga Jawa Barat juga memiliki sumber gas alam dan minyak bumi. Keduanya termasuk kategori terbesar di Indonesia. Sumur minyak offshore dalam laut ini bersifat netral, artinya tidak ada provinsi yang mengklaim.

Jika semua kapasitas produk pada sumur-sumur yang ada di laut Jawa digabung menjadi satu, maka setiap hari sebanyak 65.154 barell minyak bumi akan dihasilkan dari area tersebut. Jika dijabarkan maka minyak mentah yang terkandung sebanyak 62.130 barrel dan kondensatnya  3,024 barrel.

4. Kepulauan Riau

Di Kepulauan Riau  juga memiliki lautan sebesar 95% dari luas daratan. Walaupun daratannya hanya kecil, namun jangan Anda sepelekan, karena di kepulauan ini sangat kaya karena melimpahnya minyak bumi. Kekayaan yang terpendam tidak hanya berhenti sampai di sini saja karena masih ada cadangan gas alam yang sangat banyak jumlahnya.

Sebagian besar minyak ada di laut. Block offshore di Kepulauan Riau terbagi menjadi tiga, yaitu Natuna Sea Block A, Natuna Sea Block B, dan South Natuna Sea Block A. Apabila dijumlahkan total minyak bumi dari Kepulauan Riau adalah 59.210 barrel per hari ditambah kondesat 2.365 barrel.

Sekarang ini Kepulauan Riau masuk dalam deretan daerah terbesar yang memproduksi minyak bumi di Indonesia. Bahkan, tidak sedikit perusahaan luar yang turut andil mengelola sumber daya alamnya. Tambang minyak bumi di kepulauan tersebut dikelola oleh beberapa perusahaan asing seperti Cocono Philips, Star Energy, dan Premier Oil.

5. Provinsi Jawa Timur

Banyak penawaran menarik yang ditawarkan dari daerah Jawa Timur dari sektor wisata, kuliner hingga pertambangan. Salah satu pertambangan yang cukup populer adalah blok brantas dan blok cepu. Blok brantas merupakan area penambangan perusahaan Bakri yang kini menjadi lumpur lapindo.

Ladang minyak di provinsi ini cukup banyak. Total minyak per hari diperkirakan sebanyak 52.616 barrel. Adapun rinciannya terdiri atas 326 barrel kondensat dan 52.290 barrel minyak mentah. Besarnya migas yang diproduksi di Jawa Timur ini tidak lepas dari peran perusahaan-perusahan dalam maupun luar negeri yang mengelolanya. 

Tidak bisa dipungkiri lagi apabila penghasil minyak terbesar jatuh pada kelima daerah di atas, mengingat begitu besar jumlah yang tersimpan di dalamnya. Selain itu, sumber minyak bumi juga terdapat di berbagai daerah lain seperti Jambi, Papua, dan Sumatera Selatan. Daerah-daerah tersebut juga mendukung jumlah total minyak nasional.  

Naah salah satu potensi besar yang di miliki oleh indonesia ini lah yang kami Trisna Group yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perminyakan dan gas alam berkomitmen untuk mengembangkan potensi di perminyakan dan gas yang ada di Indonesia dan turut andil dalam pendistribusiannya ke masyarakat secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *